Tips Memasang penguat sinyal sendiri tanpa tekhnisi

Hai hai hai….

Sobat PSH kebingungan nih cara memasang penguat sinyal tanpa harus ada tim khusus tekhnisi.

Sobat PSH tidak perlu khawatir mengenai permasalahan tersebut. Kita akan solusikan semuanya di tutorial pemasangan penguat sinyal pada Blog ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara pemasangan penguat sinyal tanpa harus ada tekhnisi yang mendampinginya. Dari mulai pemasangan antenna donor, kabel penguat sinyal, konektor, perangkat penguat sinyal atau repeater & pemasangan antenna service nya.

Sobat PSH pertama yang harus di lakukan adalah persiapan diri, yaitu Tubuh diharuskan dalam keadaan sehat. Jika kurang sehat mendingan di tunda dulu saja ya rencana pemasangannya.

Persiapan yang kedua adalah material Tools sebagai pelengkap atau pendukung instalasi pemasangan penguat sinyal. Apa saja sih tools nya itu.

  • Tangga Segitiga
  • Obeng  Minus dan Plus
  • Solasi
  • Bor Listrik
  • Mata Bor dengan ukuran di sesuaikan
  • Cutter dengan ukuran yang besar
  • Tang Pemotong
  • Martil
  • Klem Kabel dengan ukuran di sesuaikan
  • Pipa Besi Ukuran 1,5 Inch panjang di sesuaikan.
  • Pensil

 

Kurang lebih untuk material pendukung instalasi pemasangan penguat sinyal adalah seperti di atas. jika ada yang kurang mungkin bisa di sesuaikan dengan kebutuhan di lokasi.

 

Dari sisi mana pengerjaan ini dimulai nya. Yuk kita mulai :

1. Pemasangan Antenna Donor
Tentukan penempatan atau posisi antenna donor yang nantinya sebagai input signal di luar ruangan

Antenna Donor ini harus berada di luar ruangan dan nantinya sebagai antenna penangkap sinyal. Arahkan antenna donor tersebut ke BTS Seluler terdekat. Sesuaikan Polarisasi antenna donor tersebut. Antenna donor harus menggunakan pipa dengan ukuran 1,5 inch agar Bracket U Bolt pada antenna donor bisa di kaitkan ke Pipa besi. Panjang Pipa besi bisa di sesuaikan dengan kebutuhan di lokasi, makin tinggi semakin baik. Untuk Tutuorial Pemasangan Antenna Donor Sobat PSH bisa Klik Link di bawah ini :
https://penguatsinyalhp.com/blog-post/cara-merakit-dan-memasang-antenna-donor-dengan-cepat-dan-benar/


2. Pemasangan Cable Antenna Donor.
Kabel Antenna donor ini adalah sebagai ditribusi sinyal dari antenna donor ke repeater. Pada kabel antenna donor terdapat konektor yang sudah melekat pada masing-masing ujung kabel. Pasang konektor tersebut pada konektor Antenna donor. Untuk mengamankan agar konektor tidak kemasukan air ketika hujan, kita perlu menggunakan Solasi untuk menutupnya. Solasi semua Konektor yang ada di kabel maupun yang ada di antenna donor. Solasi serapat mungkin tanpa ada celah sehingga air tidak bisa masuk.

Agar tarikan kabel sedikit lebih rapi di lihat, gunakan Clem kabel untuk merapikannya.

 

Untuk paket kabel antenna donor biasanya dengan panjang 15 meter dan sudah include Konektor terminasi unjung kabel ke-1 dengan ujung kabel ke-2. Ujung kabel ke-1 yang sudah terpasang konektor harus di koneksikan pada konektor antenna donor, sedangkan ujung kabel ke-2 yang juga sudah terpasang konektor harus di pasang atau di koneksikan ke perangkat repeater penguat sinyal nantinya.

 

 

3. Pemasangan Perangkat Repeater Penguat Sinyal
Tentunya perangkat penguat sinyal juga harus kita instalasi atau di pasang juga pada tempat yang telah anda tentukan letaknya. Kondisikan pemasangan perangkat penguat sinyal dengan kondisi ruangan dengan suhu yang tidak terlalu panas atau bisa suhu normal.
Untuk tata cara pemasangan perangkat repeater penguat sinyal ini, sobat PSH bisa klik Link dibawah ini tutorialnya :
https://penguatsinyalhp.com/blog-post/pemasangan-repeater-booster-penguat-sinyal-di-dinding/

Setelah pemasangan repeater penguat sinyal sudah selesai pada tempat yang sudah sobat PSH tentukan. Kita lanjut pemasangan pada sisi kabel antenna servicenya.

 

4. Pemasangan kabel antenna service.
Kabel antenna service yang sudah ada didalam paket penguat sinyal biasa sudah include terminasi konektor pada setiap ujungnya. Ujung ke-1 nantinya akan di koneksikan ke perangkat repeater penguat sinyal dan ujung kabel ke-2 nanti akan di koneksikan ke antenna service nya.

5. Pemasangan Antenna Service
Posisikan Antenna service ini pada lokasi target area yang anda tentukan atau lokasi yang ingin anda kuatkan sinyalnya. Untuk cara pemasangan antenna service jenis Ceiling atau Omni pada plafon ini Sobat PSH bisa Klik Link dibawah ini :
https://penguatsinyalhp.com/blog-post/pemasangan-antenna-indoor-ceiling-omni-di-plaffon/

 

 

6. Terminasi Konektor pada Perangkat Penguat Sinyal, antenna donor dan antenna service.
Pada masing-masing ujung kabel yang sudah terpasang konektor. Sesuaikan dengan input port atau output port yang akan di gunakan.
Dalam hal ini kami akan menjelaskan tentang Input dan output port konektor pada sisi Perangkat Repeater Penguat Sinyal sebagai beraikut :
Input/BTS/Donor/Outdoor pada port Repeater penguat sinyal harus di koneksikan pada sisi kabel untuk antenna donor.
Output/MS/Service/Indoor pada Repeater penguat sinyal harus di koneksikan pada sisi kabel antenna service.
Pada “Input/BTS/Donor/Outdoor”. maupun “Output/MS/Service/Indoor” Dalam terminasi penghubungan ini  jangan sampek keliru atau tertukar dengan Port konektor yang lain. Karena jika keliru atau tertukar dalam sisi terminasi, maka perangkat penguat sinyal tidak akan muncul atau tidak akan berfungsi.

Berikut sobat PSH kami informasikan keterangan dalam bentuk gambarnya yaa.

a. Terminasi Pada Perangkat Repeater Penguat Sinyal

Konektor pada Kabel Antenna Donor koneksikan pada Perangkat Repeater Penguat Sinyal dengan Kode yang bertuliskan “Donor/BTS/Input/Outdoor”.
Begitupun sebaliknya pada sisi Kabel Antenna Service koneksikan pada Perangkat Penguat Sinyal dengan Kode pada konektor yang bertuliskan “Service/MS/Output/Indoor”.

 

b. Terminasi Pada Antenna Donor

Jangan lupa setelah di koneksikan harus di solasi ya sobat PSH, agar tidak kemasukan air pada hujan.

 

 

 

c. Terminasi pada Antenna Service

Posisi konektor dan kabel untuk mengkoneksikannya berada di atas Plafon ya sobat PSH.

 

 

Tutorial pemasangan atau instalasi penguat sinyal yang bisa di kerjakan sendiri tanpa harus adanya tekhnisi dari kami. Pemasangan sangat mudah seperti sobat PSH memasang antenna televisi. tinggal Colok-colokin saja, karena semuanya sudah kita setup dari sisi paket, sehingga akan mempermudah sobat PSH untuk implementasinya.

semoga bermanfaat dan bisa di bisa di share agar bermanfaat untuk orang lain dan kita semua.

 

 

 

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *